Powered By Blogger

Minggu, 24 April 2011

SEJARAH PANYABUNGAN 2

SEJARAH KOTA PANYABUNGAN

Di blog ini saya ceritakan sekilas tentang sejarah kota Panyabungan. Panyabungan pada mulanya adalah satu desa yang dipimpin oleh raja bernama Sibaroar. Panyabungan berasal dari kata penyabungan, artinya tempat menyabung atau tempat melaga. Orang orang tua Mandailing mengatakan daerah Panyabungan adalah daerah tempat penyabungan ayam laga. Dari asal kata itulah terkenalnya kata Panyabungan. Di masa lampau, terjadilah perkawinan antara keturunan raja Panyabungan dan keturunan raja dari Huta Siantar, yang sekarang dikenal dengan nama Kota Siantar. Di antara daerah kota Siantar dan desa Panyabungan terdapat sawah dan tanah yang luas. Lalu di zaman penjajahan Belanda di tanah air Indonesia, disaat itulah dibangun sebuah balairung atau sebuah pasar tradisional oleh Belanda. Tempatnya tepat di antara Huta Siantar dan desa Panyabungan.
Antara kedua desa inilah berkembang sebuah pasar yang akhirnya dikuasai pedagang China pada zaman dulu. Keberadaan orang orang China mulai terancam di Panyabungan setelah keluarnya Kepres Presiden Soekarno yang tidak memperbolehkan orang orang etnis Tiong Hoa untuk tinggal di daerah kecamatan dan juga tidak boleh membuat merk dagang dengan tulisan abjad China. Ketidak senangan penduduk pribumi pada zaman itu yakni sekitar tahun 1967 membuat orang orang Tionghoa meninggalkan Panyabungan. Pasar Panyabungan yang terletak di antara desa Panyabungan dan desa Huta Siantar kian ramai, hingga akhirnya menjadi ibu kota Mandailing Natal atau Madina yang sekarang. Itulah sekilas riwayat ataupun sejarah tentang kota Panyabungan. Kota yang didominasi oleh penduduk bermarga Nasution, yang diyakini banyak orang adalah satu keturunan dengan marga Simanjuntak dari daerah Toba atau Tapanuli Utara.
Kejadian yang cukup unik bila pendatang baru tiba di kota Panyabungan, bila pendatang ini datang dan ingin menaiki becak mesin atau becak dayung. Jika pendatang mengatakan ia mohon diantar ke Panyabungan, maka penarik becak akan mengantarkan pemohon ini ke sebuah desa Panyabungan yang lama. Yang dilokasi itu masih bisa didapati bangunan Bagas Godang atau rumah raja atau rumah adat tempat tinggal raja Sibaroar yang memimpin Panyabungan pada zaman dahulu. Sekian riwayat singkat tentang Panyabungan. Semoga berguna buat anda yang ingin mengetahui.


 Remaja panyabungan ___________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar